TRANSLATE THIS BLOG

Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget edited by Anang

Tuesday, March 25, 2014

Reportase dan Kepenulisan

Selamat malam pembaca tercinta. Malam ini aku ingin memberitahukan suatu hal yang tegas tapi menggelitik. Tegas disini adalah rencana pembagian kepenulisan tiap minggu. Rencananya, setiap minggu harus membuat suatu karya secara bergantian antara fiksi dan non fiksi.
Tegas, nyata, dua pilihan.

Non Fiksi...
Non fiksi merupakan jenis penulisan yang menurutku cukup susah. Setiap penulis memiliki spesialisasinya tersendiri. Terlihat seperti pertemuan MK tadi sore yang menunjukkan variasi penerimaan dalam jenis kepenulisan. Ada yang merasa kuat di fiksi dan lemah di non fiksi, ada pula sebaliknya. Aku sendiri merasa bahwa aku memiliki kesulitan dalam kepenulisan non fiksi. Mungkin karena pemikiranku yang sering melayang ingin melepas rantai aturan yang kaku, berhasrat mengekspresikan diri dalam sifat khasnya. Kenyataan ini tentu bukanlah suatu alasan untuk menolak mempelajari penulisan non fiksi. Pembagian jenis penulisan tentunya dikarenakan adanya perbedaan secara fungsional. Perbedaan tegas, jelas, dan menuntut.

Semu, lembut, terasa menggelitik...
Ketika kamu terjun dalam imajinasi liarmu, kadang terasa sulit untuk merasuk kembali ke dalam jasadmu. Rantai kesibukan kadang menjadi pemicu hancurnya imajinasi, ATAU menggelembungnya imajinasi yang tak tertampung, memberi tanda dia siap untuk meledak. Ekspresi tak mengenal interval.  Jadi, bagaimana kamu memberikan aturan pada pemikiranmu? Pembatasan perlu, pengikatan pemicu ledakan.
Pagar tidak sama halnya dengan rantai. Pagar dapat dinikmati secara umum, dihias dengan cintanya, dan terukir untuk ketegasannya. Rantai, jangan sebut keduakalinya saat sendu mulai terasa diujung pemikiranmu.

Sekian celoteh dariku, merasa tertarik? Ceritalah bersamaku melalui komentar dibawah. Buat diskusi, jadikan pelepas beban dipundakmu.
Selamat malam... :)

No comments:

Post a Comment