TRANSLATE THIS BLOG

Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget edited by Anang

Sunday, January 16, 2011

Tahun Kimia Internasional 2011: Lindungilah Lingkungan dan Ekologi Bumi

Tahukah anda, bahwa sekarang adalah Tahun Kimia Internasional 2011? Apakah yang dirayakan di tahun ini? Dan apakah pula yang sepantasnya kita lakukan untuk merayakannya? Mari kita simak!
Mengapa 2011 menjadi tahun kimia internasional

Ide untuk menetapkan tahun internasional didiskusikan pertama kali di tahun 2006, saat pertemuan komite eksekutif IUPAC pada bulan April. Dalam rangka menindak lanjuti pertemuan tersebut, sebuah kelompok kerja IUPAC mengembangkan rencana untuk melaksanakan amanat UNESCO untuk menetapkan tahun kimia internasional. Proyek tersebut ( Proyek IUPAC 2007-011-1-050) berhasil dituntaskan ketika pada April 2008, dan Dewan Eksekutif UNESCO, menyetujui proposal untuk proklamasi Tahun Kimia Internasional 2011 (Inggris: International Year of Chemistry /IYC) oleh PBB.
Program IYC 2011 akan menekankan bahwa kimia adalah sains kretif yang penting untuk meningkatkan taraf hidup kita. Aktivitas, seperti kuliah, pameran, dan eksperimen, akan mengeksplorasi bagaimana riset kimia adalah kritis untuk memecahakn masalah global, seperti masalah makanan, air, kesehatan, energi, transportasi, dan lainnya.
Masalah Lingkungan adalah ancaman bagi kita
Ilmu kimia merupakan salah satu ilmu yang dapat menjelaskan bagaimana sistim ekologis planet kita bisa bekerja. Siklus kimiawi, seperti siklus karbon, oksigen, dan nitrogen adalah sangat penting dalam menjaga dinamisme biodiversitas di planet kita. Efek rumah kaca (Inggris: Green House Effect), merupakan masalah lingkungan terberat yang terjadi akibat dilepaskannya gas rumah kaca ( Karbon dioksida dan Metan) ke atmosfer. Industrialisasi tanpa control emisi, dan pertanian yang tidak terkendali, menjadi salah satu kontributor efek rumah kaca. Akibatnya, terjadi perubahan iklim dunia (Inggris: Climate Change). Kota-kota besar dunia pun dipenuhi oleh polusi.
Kemauan Politik untuk perbaikan lingkungan

Jerman Timur dibawah pendudukan Uni Soviet (Republik Demokratis Jerman) adalah negara yang mengalami industrialisasi sangat pesat. Namun, pihak blok timur saat itu tidak memperhatikan baku mutu lingkungan. Kota tempat penulis melakukan riset doktorat, yaitu Leipzig, di masa lalu adalah salah satu kota yang paling parah tingkat polusinya di Eropa. Namun, sejak penyatuan kembali Jerman tahun 1990, baku mutu lingkungan diterapkan di Leipzig, dan kota tersebut menjadi salah satu kota paling bersih dan bebas polusi di Eropa. Semua tak lepas dari peran partai hijau. Diperlukan suatu kebijakan komprehensif oleh pemerintah dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan hidup. Itulah salah satu hal yang patut kita tekankan dalam merayakan tahun kimia internasional ini.
Link: http://www.chemistry2011.org

No comments:

Post a Comment