TRANSLATE THIS BLOG

Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget edited by Anang

Saturday, May 29, 2010

Contoh Presentasi Singkat

MANFAAT SUMSUM KERBAU
BIAR BADAN TIDAK MUDAH LOYO



Assalamu’alaikum wr.wb.
Hewan yang mempunyai nama latin Bubalus Bobalis ini tergolong pemamah biak yang termasuk sub Bovinai. Kerbau berasal dari benua Asia, sekitar 95% dari seluruh kerbau diseluruh dunia terdapat dibenua Asia. Hewan yang mempunyai nama latin Bubalus Bobalis atau Horbo dalam bahasa Batak ini bisa mencapai 300-600 kg pada saat sudah dewasa. Kerbau juga ada yang dapat diperah susunya. Menurut salah seorang peternak kerbau perah yang bernama pak Baldir, kerbau-kerbau miliknya termasuk kerbau perah yang dapat diambil susunya. Dalam memerah susu kerbau haruslah sangat hati-hati dan teliti agar tidak terkena tendangan kerbau tersebut. Selain kerbau perah,ada juga jenis kerbau lain yang berkulit putih yang biasa disebut kerbau bule.


Banyak masyarakat yang memanfaatkan kerbau ini untuk acara-acara yang sakral, khususnya masyarakat diwilayah Surakarta. Masyarakat diwilayah Surakarta biasa merayakan acara yang sangat sakral yang selalu diadakan tiap tanggal 1 Sura yang biasa dipanggil dengan sebutan Sekaten. Pada saat acara ini dilaksanakan, kerbau bule lah yang paling menarik perhatian karena kerbau tersebut mempunyai keistimewaan. Konon bagi masyarakat luas, khususnya pedagang yang berhasil mendapatkan kotoran kerbau bule lalu diusapkan pada wajahnya, orang itu akan lancar rezekinya dan terhindar dari segala marabahaya, sedangkan bagi pedagang maka pedagang itu akan selalu lakujualannya dan mendapat untung banyak. Kerbau yang dimanfaatkan sebagai sarana acara adat bukan hanya terdapat di Surakarta, tetapi juga ada di Tanah Toraja. Suku Toraja biasa menggunakan kerbau sebagai mas kawin pernikahan, persembahan upacara adat, dan sebagai penanda jumlah keluarga yang sudah meninggal.


Kerbau dengan sapi mempunyai beberapa perbedaan yang mendasar. Postur tubuh kerbau lebih gagah dan besar dibandingkan dengan tubuh sapi. Baik kerbau jantan maupun betina memiliki sepasang tanduk, sedangkan sapi baik jantan maupun betina tidak mempunyai tanduk. Makan kerbau dan sapi pun berbeda, kerbau mampu memakan berbagai jenis makanan pemamah biak seperti rumput, campuran bekatul yang ditambahkan dengan ampas kelapa dan garam, dan lain-lain. Sedangkan pada umumnya sapi hanya mampu memakan rumput saja, kecuali sapi-sapi yang digunakan didalam perlombaan tertentu. Sumsum kerbau terdapat di dalam tulang pipa atau tulang kaki dan tulang punggung atau tulang belakang.


Sumsum kerbau banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk diolah hingga menjadi kuliner yang lezat dan bergizi. Salah satunya di Rumah Makan Sipirok yang berada di jalan Sunggal nomor 14 Medan. Dirumah makan ini terdapat berbagai olahan makanan yang berasal dari bagian-bagian tubuh kerbau, salah satunya sumsum kerbau. Menu andalan dari rumah makan ini adalah sup sumsum kerbau, manna ini sangat lah lezat dan hanya dalam 3 jam maka makanan ini sudah ludes diburu pembeli. Yang menjadi perhatian bukanlah makanannya, melainkan sumsum tersebut. Pada saat kita membeli sumsum kerbau dipasar maka kita akan diberi 2 pilihan, yaitu sumsum tulang belakang atau sumsum tulang pipa. Sumsum yang berada pada tulang belakang berfungsi sebagai transmisi sel saraf dan pembentukan sel darah merah. Sedangkan sumsum yang berada didalam tulang pipa berfungsi dalam pembentuka sel tulang. Hal ini dapat menjelaskan secara samar tentang manfaat sumsum bagi tubuh. Untuk lebih jelas maka harus dilakukan uji khasiat sumsum kerbau.


Untuk mengetahui kandungan apa saja yang terjandung dalam sumsum kerbau, maka dilakukan proses penelitian kandungan sumsum kerbau. Setelah melalui serangkaian proses penelitian,berikut hasilnya:

  Besi : 480,7mg/kg
  Kalsium : 8mg/dl
  Fosfor : 4mg/dl
  Magnesium : 1,8mg/dl
  Tembaga : 0,05mg/dl

Dari data diatas, maka dapat disimpulkan bahwa didalam sumsum kerbau terkandung berbagai macam mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia. Mineral-mineral tersebut berfungsi sebagai pelancar metabolisme dalam tubuh dan untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak.Dengan begitu, sumsum kerbau terbukti dapat membuat tubuh tidah mudah loyo. Sekarang kita tahu sumsum kerbau sangatlah bermanfaat, bahkan lebih bagus daripada dagingnya.

Jadi, kita jangan sekali-kali menyepelekan hewan ini, karena kerbau dapat menjadi teman bermain, sarana berjalannya suatu upacara adat, dan dapat diambil susu, daging, sumsum, bahkan sampai kepalanya.
Sekian wacana yang dapat kami jelaskan pada teman-teman.
Sekian
Terima kasih
Wassalamu’alaikum wr.wb.

No comments:

Post a Comment